BAB II
KERANGKA KERJA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
A. Sejarah lahirnya MSDM
Tonggak sejarah dalam menandai diperlukannya Sumber Daya Manusia adalah timbulnya revolusi Industri di Inggris .B. Pengrtian Manajamen Sumber Daya Manusia ( MSDM )
Schuler , Dowling , Smart dan Huber ( 1992 : 16 ) mengartikan MSDM dalam rumusan sebagai berikut : Human Resource Management ( HRM ) is the recognition of the importance of an organization’s workforce as vital human resources contributing to the goals of the organization , and the utilization of several function and activities to ensure that there are used effectivitely and fairly for the benefit of the individual , the organization and society .Dimana pernyataan tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut :
Manajemen Sumber Daya Manusia /MSDM merupakan pengakuan tentang pentingnya tenaga kerja organisasi sebagai sumber daya manusia yang sangat penting dalam memberi kontribusi bagi tujuan – tujuan organisasi , dan penggunaan beberapa fungsi dan kegiatan untuk memastikan bahwa SDM tersebut digunakan secara efektif dan adil bagi kepentingan individu, organisasi dan masyarakat . Menurut Stoner ( 1995:4) MSDM meliputi penggunaan SDM secara produktif dalam mencapai tujuan tujuan organisasi dan pemuasan kebutuhan pekerja secara individual .
C. Fungsi – fungsi MSDM
lima fungsi MSDM :
- Perencanaan untuk kebutuhan SDM
- Perencanaan dan peramalan permintaan tenaga kerja baik dalam jangka pendek maupun panjang
- Analisis jabatan dalam organisasi untuk menentukan tugas ,tujuan , keahlian, pengetahuan ,dan kemampuan yang dibutuhkan.
- Staffing sesuai dengan kebutuhan organisasi
- Penarikan ( rekruitment ) calon atau pelamar pekerjaan
- Pemilihan ( seleksi ) para calon atau pelamar yang dinilai paling memenuhi syarat
- Penilaian Kinerja
- Penilaian dan pengevaluasi perilaku pekerja
- Analisi dan pemberian motivasi perilaku pekerja .
- Perbaikan kualitas pekerja dan lingkungan kerja
- Menentukan merancang dan mengimplementasikan program pelatihan dan pengembangan SDM guna meningkatkan kemampuan dan kinerja karyawan .
- Memperbaiki kualitas lingkungan kerja ,khususnya melalui kualitas kehidpuan kerja dan program program perbaikan produktifitas
- Memperbaiki kondisi fisik kerja guna memaksimalkan kesehatab dan keselamatan pekerja
- Pencapaian efektifitas hubungan kerja
- Mengakui dan menaruh rasa hormat ( resepct ) terhadap hak hak pekerja
- Melakukan tawar - menawar dan menetapkan prosedur bagaimana keluhan pekerja di sampaikan
- Melakukan penelitian tentang kegiatan MSDM .
D. Tujuan MSDM
Menurut Cushway , tujuan MSDM meliputi :1. Memberi pertimbangan manajemen dalam membuat kebijakan SDM untuk memastikan bahwa organisasi memiliki pekerja yang bermotovasi dan berkinerja tinggi , memiliki pekerja yang selalu siap mengatasi perubahan dan memenuhi kewajiban pemekerjaan secara legal
2. Mengimplementasikan dan menjaga semua kebijakan dan prosedur SDM yang memungkinkan organisasi mampu mencapai tujuan nya .
3. Membantu dalam pengembangan arah keseluruhan organisasi dan strategi , khusunya yang berkaitan dengan implikasi SDM
4. Memberi dukungan dan kondisi yang akan membantu menejer lini mencapai tujuan nya .
5. Menangani berbagai krisis dan situasi sulit dalam hubungan antar pekerja untuk mayakinkan bahwa mereka tidak menghambat organisasi dalam mencapai tujuan nya
6. Menyediakan media komunikasi antara pekerja dan manajemen organisasi .
7. Bertindak sebagai pemelihara standar organisasional dan nilai dalam manajemen SDM
Sedangkan menurut schuler et al setidaknya MSDM memiliki tiga tujuan utama yaitu :
1. Memperbaiki tingkat produktifitas
2. Memperbaiki kualitas kehidupan kerja
3. Meyakinkan bahwa organisasi telah memenuhi aspek –aspek legal
E. Kegiatan dan Kebijakan MSDM
Guest menyatakan adalanya empat kebijakan utamaa. Employe Influence
b. Human Resource flow
c. Reward System
d. Work System
Empat kebijakan tersebut dapat dipahami sebagai strategi dalam mempengaruhi pekerja guna mengarahkannya pada tujuan organisasi . Kebijakan lainya berkaitan dengan system penghargaan yang merupakan bagian utama organisasi memberi motivasi guna memaksimalkan kerja dan proses pemekerjaan . Sementara itu , dengan menunjuk pada pendapat ahli – ahli lainya , guest menyatakan bahwa MSDM terdiri dari empat proses generic sbb :
1. Selection
2. Appraisal
3. Rewards
4. Development
F. Basis Teori MSDM
RANGKUMAN- Secara Konseptual , MSDM berbeda dengan Manajemen Personalia
- MSDM dibutuhkan untukmerencanakan , mengelola , dan mengendalikan SDM
- Terdapat paling tidak lima fungsi utama MSDM , yaitu : perencanaan SDM , staffing ,penilaian kerja , perbaikan kualitas kerja dan lingkungan kerja , dan pencapaian efektifitas hubungan kerja
- Tujuan MSDM bervariasi menurut konteks organisasi
- Tempat kebijakan utama dalam MSDM meliputi employee influence , human resource flow , rewards system ,dan work system
- Kegiatan MSDM meliputi empat proses generik yaitu selection , appraisal ,rewards and development
- Tidak ada teori dalam MSDM ,namun demikian di belakangnya berdiri sejumlah teori dari berbagai disiplinilmu . MSDM bersifat multidisipliner .
PERTANYAAN UNTUK DISKUSI
- Mengapa MSDM berbeda dengan Manajemen Personalia ?
- Jelaskan fungsi - fungsi MSDM beserta contoh konkritnya ?
- Dari berbagai fungsi MSDM tersebut , fungsi manakah yang paling kritis ? Mengapa Demikian ?
- Tujuan MSDM bersifat situasional , artinya tergantung pada konteks organisasi tertentu , menagapa demikian ?
- Jelaskan 4 kebijakan utama dan empat kegiatan generik MSDM ?
- Jelaskan maksud istilah generik dalam kegiatan MSDM ?
- Jelaskan mengapa MSDM Multidisipliner ?
- Dari berbagai ilmu yang mendukung MSDM , disiplin ilmu apakah yang paling dominan mempengaruhi perkembangan MSDM (misalnya manajemen ,psikologi ,sosiologi ,ekonomi , politik , dsb ) mengapa demikian ? jelaskan .
Jawab :
1. Manajemen Personalia memfokuskan perhatian pada "input " dan "kegiatan/program" sedangkan Manajemen Sumber Daya manusia memfokuskan perhatianya pada "output"yaitu "sumber daya " atau kekuatan yang dihasilkan oleh manusia /karyawan/pekerja .Fokus perhatian Manajemen Personalia adalah personal atau orang -orang yang bekerja dalam suatu organisasi . Sedangkan Manajemen Sumber daya Manusia adalah merencanakan ,meningkatkan kualitas ,memelihara , dan mendayagunakan kekuatan yang berasal dari orang orang tersebut .
2. Fungsi – Fungsi Sumber Daya Manusia
3. Fungsi MSDM Paling Kritis
5. 4Kebijakan utama menurut Guest :
2. Fungsi – Fungsi Sumber Daya Manusia
1. Perencanaan
a. Mendefinisikan
Filosofi perusahaan
b.Mengkaji
kondisi lingkungan
c. Mengevaluasi
kekuatan dan kelemahan
d.Menentukan
tujuan dan sasaran
e.Menyusun
Strategi
2. Rekrutmen
a. Internal (
dari dalam perusahaan system promosi )
b.External
( hubungan dengan Universitas , eksekutif mencari perusahaan , Agen tenaga
kerja , Rekrutmen dengan advertensi )
3. Penilaian
Kinerja
Di dalam perusahaan akan standar
penilaian kinerja berisi evaluasi kinerja dan Kompetensi kerja ,
Evaluasi kerja adalah KPI (
Key Performance Indicator ) yang berisi target yang di tentukan VS Pencapaian .
Untuk Kompetensi kerja berisi Subyektifitas dari atasan yang nilainya
berdasarkan Pedoman penilaian yang sudah di tentukan perusahaan .
4. Perbaikan
kualitas dan lingkungan kerja
a. Meningkatkan
pemberian gizi dan kualitas kesehatan
b.Memperbanyak
seminar dan workshop yang berkaitan dengan pekerjaan
5. Pencapaian
Efektifitas hubungan kerja
3 kegiatan
utama :
a. Mengakui dan menaruh rasa hormat ( respek )
terhadap hak hak pekerja
b.Melakukan
tawar menawar ( bargaining ) dan menetapkan prosedur bagaimana keluhan pekerja
di sampaikan
c. Melakuak penelitian
tentang kegiatan kegiatan MSDM
3. Fungsi MSDM Paling Kritis
Menurut saya pribadi fungsi
MSDM paling kritis adalah perencanaan , karena di dalam perencanaan MSDM sudah
mencangkup sasaran startegis dan strategi yang akan dilakukan .
4. Tujuan MSDM bersifat kritis situasional karena sangat sulit di rumuskan karena sifatnya bervariasi dan bergantung pada pentahapan perkembangan yang terjadi pada masing - masing organisasi .5. 4Kebijakan utama menurut Guest :
- Employee influence ( pengaruh Karyawan )
- Human Resource flow ( alur sumber daya manusia )
- Reward Sistem ( Sistem Hadiah )
- Work System ( Sistem kerja )
- Selection ( seleksi )
- Appraisal ( Penilaian )
- Rewards ( Penghargaan )
- Development ( Pengembangan )
6.Sebagai suatu kegiatan generik , seleksi tidak akan di ikuti dengan kegiatan lainya misalnya : berupa penempatan pada pekerjaan ( Job Placement ) yang segera disertai dengan kegiatan generik lainya yaitu penilaian kinerja ( performance appraisal ).
7 & 8. Sebab MSDM adalah mengatur manusia
Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi,ekonomi, manajemen, dll, SEHINGGA BERSIFAT MULTIDISIPLINER
7 & 8. Sebab MSDM adalah mengatur manusia
Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi,ekonomi, manajemen, dll, SEHINGGA BERSIFAT MULTIDISIPLINER