Sabtu, 22 Januari 2022

How to Become a More Effective Leader

Leadership yang efektif sangat penting untuk keberhasilan organisasi. Menurut sebuah  studi by global consulting firm DDI, organisasi dengan bakat Leadership yang kuat mengungguli pesaing mereka dengan :


Bertindak lebih tegas

Menavigasi melalui kompleksifitas dengan efisiensi yang lebih besar

Mengantisipasi dan bereaksi terhadap tantangan bisnis dengan mudah


Leadership vs. Management:What’s the Difference?


Sebelum mempelajari apa yang membuat seorang Leader yang efektiif, penting untuk memahamii perbedaan antara leadership  dengan manajemen

Meskipun ada beberapa tumpeng tindih antara pekerjaan yang dilakukan para Leader dan manajer , ada juga perbedaan yang signifikan


1. Process vs. Vision

Leaders yang efektif berpusat pada visi untuk memandu perubahan. Sedangkan manajer berangkat untuk mencapai tujuan organisasi melalui proses implementasi , seperti penganggaran penataan organisasi dan staff 

para Leader lebih berniat berpikir kedepan dan memanfaatkan peluang


2. Organizing vs Aligning

Dalam buku On Becoming a Leader, sarjana Warren Bennis menyajikan daftar perbedaan utama antara manajer dan Leaders termasuk:


Manajer mengelola; Leaders berinovasi

Manajer mempertahankan; Leaders berkembang

Manajer berfokus pada sistem dan struktur; Leaders berfokus pada orang-orang



3. Position vs. Quality

"Memiliki posisi manajer tidak membuat kamu menjadi Leaders akan tetapi Manajer terbaik adalah seorang Leaders


Jika kamu bertindak dengan cara yang menginspirasi, mendorong,atau melibatkan orang lain, kamu adalah seorang Leader. 


Tidak masalah gelar atau posisi Anda.


”Leadership adalah kualitas yang perlu dibentuk. Dengan mempelajari cara memengaruhi orang lain, kamu dapat membangun kesadaran diri yang lebih besar dan meningkatkan kinerja tim kamu.

Memahami bagaimana pekerjaan seorang leaders berbeda dari seorang manajer adalah dasar perjalanan leadership Anda.



 Essential Leadership Skill and Qualities 

Pertimbangkan pertanyaannya: Apa yang mendefinisikan seorang leader yang “efektif”? 

 Leader yang efektif membutuhkan lebih dari sekadar mengembangkan keterampilan kamu. Kamu juga seharusnya perlu memupuk dan memelihara lingkungan yang memungkinkan orang-orang di sekitar kamu buat berkembang. Sepanjang bagian ini, kamu akan belajar tentang keterampilan dan kualitas yang kamu butuhkan untuk mendorong kinerja individu dan tim. 

 SKILL 1: EMOTIONAL INTELLIGENCE 

Emotional Intellegence adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi kamu sendiri, mengenali dan memengaruhi emosi orang-orang di sekitar kamu. Orang yang berkinerja terbaik memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Dengan membangun EQ, kamu dapat mengeluarkan yang terbaik dari orang lain dan mengembangkan tim yang sukses. Berikut ini lima keterampilan kecerdasan emosional yang kamu butuhkan dan cara untuk dapat mengembangkannya. 

 1. Self Awarnes 

Self Awarness adalah memiliki pemahaman yang jelas tentang kekuatan, keterbatasan, emosi, keyakinan, dan motivasi diri kamu sendiri. Leader yang mahir mengenali dan mengelola emosi mereka lebih siap untuk memahami perasaan orang lain dan tau bagaimana memotivasi tim kamu. Tim dengan individu yang kurang kesadaran diri membuat keputusan yang lebih buruk dan kurang efektif dalam manajemen konflik. 

 2. Self Regulation 

Self Regulation mengacu pada bagaimana kamu mengelola emosi, perilaku, dan impuls. Semakin kamu sadar diri, semakin mudah hal ini terjadi. Jika kamu dapat mengenali apa yang kamu rasain dan mengapa, kamu dapat merespons dengan tepat. Jika rentan terhadap ledakan emosi atau reaksi berlebihan, ada taktik yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan pengaturan diri :Jeda sebelum menjawab: Beri diriimu waktu buat berhenti dan berpikir sebelum menjawab. Contoh sederhana dengan mengambil napas dalam-dalam dan membiarkan jeda 20 detik sehingga perasaan Anda keluar dari pikiran kamu. Ambil langkah mundur: Kadang kamu perlu meninggalkan ruangan, berjalan-jalan, minum air, atau menelepon teman daripada membuat penilaian cepat, mengirim email pedas, atau menyerang tim kamu sendiri .Kenali emosi kamu: Coba catat apa yang kamu rasain dan apa sih yang bikin kamu kesusahan. Kamu perlu mulai mengidentifikasi pola. Kalau kamu tau apa yang jadi pemicunya, pada saat situasi serupa terjadi, kamu akan berada pada posisi yang lebih baik untuk menanganinya dengan cara yang sehat dan positif. 

 3. Empathy 

Empati adalah kemampuan untuk memahami pengalaman dan emosi orang lain, dan telah diperingkatkan sebagai keterampilan kepemimpinan teratas yang dibutuhkan saat ini oleh perusahaan konsultan global DDI. Menurut penelitian DDI, para pemimpin yang unggul dalam mendengarkan dan merespons dengan empati berkinerja lebih dari 40 persen lebih tinggi dalam pembinaan, perencanaan, dan pengambilan keputusan. Dengan secara aktif mendengarkan tim kamudan meluangkan waktu untuk memahami keinginan dan kebutuhan mereka, Kamu dapat meningkatkan keterlibatan, membangun kepercayaan, dan melatih mereka secara lebih efektif melalui tantangan. Semakin tim kamu merasa dihargai, semakin besar investasi mereka, yang, pada gilirannya, mengarah pada semangat kerja yang lebih tinggi dan budaya perusahaan yang lebih kuat. 

 4. Motivation 

Motivasi mengacu pada kemampuan kamu untuk menginspirasi diri sendiri dan orang lain untuk bertindak. Penting untuk memimpin dengan memberi contoh. Para leaders yang bermotivasi diri lebih peduli tentang pencapaian pencapaian organisasi daripada penghargaan uang. Mereka menetapkan tujuan, mengambil inisiatif, menghadapi tantangan, dan tetap optimis selama masa-masa sulit. Semakin positif, semakin percaya diri tim kamu. Motivasi kamu akan meresap ke dalam organisasi, dan Kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara memberdayakan tim kamu sendir. 

 5. Social Skills 

Keterampilan sosial adalah tentang bagaimana kamu merasakan emosi dan berinteraksi serta berkomunikasi dengan orang lain. Contoh para pemimpin yang cerdas secara emosional dapat masuk ke ruangan tim kamu dengan bibir mengerucut dan kepalan tangan terkepal dan tidak hanya merasakan ketegangan tetapi juga tahu bagaimana menangani dan menyelesaikan konflik sebelum meningkat. Semakin kamu selaras dengan emosimu, semakin mudah untuk menilai orang lain. Dan kalau kamu dapat menilai perasaan orang lain, kamu dapat lebih mudah membangun dan memelihara hubungan. Leader dengan keterampilan sosial yang kuat tahu bahwa mereka tidak dapat mencapai kesuksesan sendirian. Melampaui tujuan dan mencapai tonggak membutuhkan kolaborasi, komunikasi, dan visi bersama.




 



Simple Present tense part 3

 PRACTICE latihan

Bush Pilots

Bush pilots have interesting jobs. They fly special planes to Alaska’s bush country. This is a wild area, far away from cities with airports.Bush pilots carry people or supplies in their bush planes. They also help rescue people.Paul Claus is a famous bush pilot. He have a lot of experience, and he is an excellent pilot. Paul also owns a hotel in Alaska. He flies customers to his hotel and takes them on adventures. He goes to interesting places with them. It’s an exciting job!

 

Pilot Bush memiliki pekerjaan yang menarik. Mereka menerbangkan pesawat khusus ke negara bagian Alaska. Ini adalah daerah liar jauh dari kota dengan bandara.bush Pilot membawa orang atau perbekalan di pesawat semak mereka. Mereka juga membantu menyelamatkan orang. Paul Claus adalah bush  pilot yang terkenal Dia memiliki banyak pengalaman, dan dia adalah pilot yang sangat baik. Paul juga memiliki sebuah hotel di Alaska. Dia menerbangkan pelanggan ke hotelnya dan mengajak mereka bertualang. Dia pergi ke tempat-tempat menarik bersama mereka. Ini pekerjaan yang mengasyikkan!

 

10 EDIT. Read the paragraph. Find and correct five more errors with the simple present.

    EDIT. Baca paragraf. Temukan dan perbaiki lima kesalahan lagi dengan hadiah sederhana.

 

Bill is a mechanic. He knows a lot about cars. He works at a garage. He fixes cars and talks to customers. They ask questions about their cars. Bill works from 8:00 a.m. to 6:00 p.m. every day. He has a busy schedule, but he like his job very much.

 

Bill adalah seorang mekanik. Dia tahu banyak tentang mobil. Dia bekerja di garasi. Dia memperbaiki mobil dan berbicara dengan pelanggan. Mereka mengajukan pertanyaan tentang mobil mereka. Bill bekerja dari jam 8:00 pagi hingga 6:00 sore. setiap hari. Dia memiliki jadwal yang sibuk. Tapi dia sangat menyukai pekerjaannya.

11 PRONUNCIATION. Read the chart and listen to the examples. Then complete the exercises.

PENGALAMAN. Baca grafik dan dengarkan contoh-contohnya. Kemudian selesaikan latihannya.

 

The ending of third-person singular verbs has three sounds: /s/, /z/, /z/

Akhir dari orang ketiga kata kerja tunggal memiliki tiga suara: /s/, /z/, /z/

 

Walks jalan jalan

Pays membayar

Fixes perbaikan

 

1.       Say /s/ after /p/, /t/,/k/, and /f/ sounds. Ucapkan /s/ setelah /p/, /t/,/k/, dan /f/ berbunyi.

stop-stops berhenti

put-puts  menempatkan

work-works kerja

laugh-laughs tertawa

2.       Say /z/ after /b/, /d//g/, /l/, /m/, /n/, /p/, /r/, /v/, and /x/ sounds,and after vowel sounds.

Ucapkan /z/ setelah /b/, /d/,/g/, /l/, /m/, /n/, //, /r/,/v/, dan // bunyi, dan setelah bunyi vokal.

rub-rubs gosok

come-comes datang

love-loves suka

read-reads baca

spin-spins berputar

bathe-bathes mandi

bag-bags tas

sing-sings nyanyi

pay-pays bayar

feel-feels perasaan

hear-hears dengar

go-goes pergi

3.       Say /z/ after verbs that end in /s/, /z/, //, /t/,/d/, and /ks/. Ucapkan /z/ setelah kata kerja yang berakhiran /s/, /z/, //, /t/,/d/, dan /ks/.

kiss-kisses ciuman

wash-washes cuci

judge-judges hakim

buzz-buzzes mendengung

watch-watches jam

relax-relaxes santai

 

Read the sentences about Rick’s schedule. Then listen and circle the sound you hear for the verb in each sentence. Baca kalimat tentang jadwal Rick. Kemudian dengarkan dan lingkari suara yang Anda dengar untuk kata kerja di setiap kalimat.

 

Rick’s Schedule ( Jadwal schedule )

a.       Rick wakes up at 6:15 a.m. every morning.Rick bangun pukul 06:15 setiap pagi.

b.       He jogs for an hour in the park. Dia joging selama satu jam di taman.

c.        Then he takes a shower. Kemudian dia mandi.

d.       He brushes his teeth. Dia menyikat giginya

e.        He eats breakfast at 7:45. Dia makan sarapan pukul 7:45.

f.        He reads the newspaper. Dia membaca koran.

g.        He washes the dishes. Dia mencuci piring.

h.       Then he drives to work. Kemudian dia mengemudi untuk bekerja.

i.         He starts work at 8:30. Dia mulai bekerja pada pukul 8:30.

j.         He goes home at 5:30. Dia pulang jam 5:30.

k.       He relaxes on Saturday and Sunday. Dia bersantai pada hari Sabtu dan Minggu.

l.         He loves weekends! Dia suka akhir pekan!

 

Work with a partner. Practice reading the sentences from exercise A. Pay attention to the pronunciation of the –s and -es endings. Bekerja dengan pasangan. Latihan membaca kalimat dari latihan A. Perhatikan pengucapan akhiran –s dan -es.

 

Look at the list of activities in the chart. Then listen to the conversation between two teachers. Who does each activity? Check () the correct column(s). Lihatlah daftar kegiatan di grafik. Kemudian dengarkan percakapan antara dua guru. Siapa yang melakukan setiap kegiatan? Centang () kolom yang benar.

 

READ, SPEAK & WRITE. BACA, BICARA & MENULIS.

A Read the e-mail about Rosa’s new job. Guess her job. Then discuss your idea with a partner.

A Membaca email tentang pekerjaan baru Rosa. Tebak pekerjaannya. Kemudian diskusikan ide Anda dengan pasangan.

 

To: Sato, Akiko

Subject: New Job!

Hi Akiko,

Good news! I have a new job. I work for an office supply company. I have a busy schedule, but

I love the work. On Monday, I go to the office. I meet with my boss and plan my schedule for the

week. I visit customers and sell our products during the week. I drive to different cities here in New

York. I also fly to California every month. I work really hard, but the job pays well, so I’m happy.

See you soon!

Rosa

 

Kepada: Sato, Akiko

Subjek: Pekerjaan Baru!

Hai Akiko,

Kabar baik! Saya memiliki pekerjaan baru. Saya bekerja di sebuah perusahaan peralatan kantor. Saya memiliki jadwal yang sibuk, tetapi saya menyukai pekerjaan itu. Pada hari Senin, saya pergi ke kantor. Saya bertemu dengan bos saya dan merencanakan jadwal saya untuk

pekan. Saya mengunjungi pelanggan dan menjual produk kami selama seminggu. Saya berkendara ke berbagai kota di sini di New York. Saya juga terbang ke California setiap bulan. Saya bekerja sangat keras, tetapi pekerjaan itu membayar dengan baik, jadi saya senang.

Sampai jumpa lagi!

Rosa

 

B Write five sentences about Rosa’s new job. Use the information from the e-mail in exercise A.

B Tulis lima kalimat tentang pekerjaan baru Rosa. Gunakan informasi dari email dalam latihan A.

 

Rosa goes to the office on Monday

Rosa meets with her boss and her make plan for the week

Rosa visits customers and sell our product during the week

Rosa drives to different cities in new York

Rosa also flies to California every month

 

APPLY. In your notebook, write a paragraph about a friend’s or family member’s job. Do not write the

name of his or her job. Use the model to help you. MENERAPKAN. Di buku catatanmu, tulislah sebuah paragraf tentang pekerjaan teman atau anggota keluarga. Jangan tulis nama pekerjaannya. Gunakan model untuk membantu Anda.

 

My cousin Maya has an interesting job.She has ballet class every morning. Then,she goes to the gym and exercises for two hours. She has a short break after lunch,and then she practices her dances. She gives performances on the weekends. Sepupu saya Maya memiliki pekerjaan yang menarik. Dia memiliki kelas balet setiap pagi. Kemudian, dia pergi ke gym dan berolahraga selama dua jam. Dia memiliki istirahat sejenak setelah makan siang, dan kemudian dia berlatih tariannya. Dia memberikan pertunjukan di akhir pekan.

 

My wife Mitha has an interesting job.he leaves at 08 am He walks to work.. she can bring her son. he teaches children to play and learn. He comes home at 11 am.

 

Senin, 17 Januari 2022

Simple Present Tense part 2

 1.       Aturan Ejaan Simple Present Tense –S dan –ES di akhir
Tambahkan –s ke sebagian besar kata kerja Add -s to most verbs.
Closes : menutup
Loves : Mencintai
Exercises : Latihan
Feeds : umpan
Dances : menari
Opens : membuka
Plays : memainkan
Puts :  menempatkan
Stops : Berhenti
Takes : Mengambil
Works : Pekerjaan
 
2.       Tambahkan -es ke kata kerja yang berakhiran -sh, -ch, -s, -x,
dan -z. Add -es to verbs ending in -sh, -ch, -s, -x,
and -z
wash, washes, mencuci
teach, teaches, mengajar
dress, dresses, gaun
relax, relaxes, santai
buzz, buzzes, berdengung
 
3.     Change -y to -i and add -es to verbs ending in a consonant + y. Ubah -y menjadi -i dan tambahkan -es pada kata kerja yang berakhiran konsonan + y.
carry–carries -> membawa
copy–copies -> Salinan
study–studies -. Belajar
 
7 Write each verb with the correct -s, -es, or -ies ending. Tulis setiap kata kerja dengan akhiran -s, -es, atau -ies yang benar
 
1. study studies belajar
2. fish fishes ikan
3. pass passes melewati
4. worry worries kekhawatiran
5. explore explores menjelajah
6. bite bites gigitan
7. buy buys membeli S
8. help helps membantu
9. miss misses rindu
10. fly flies lalat
11. fix fixes perbaikan
12. watch watches jam tangan
13. like likes suka
14. pay pays
 
3.3  Irregular Verbs: Do, Go, and Have
 
I do the dishes every day saya mencuci piring setiap hari
You do the dishes every day kamu mencuci piring setiap hari
We go to at work at 07.00 am kita pergi bekerja jam 07 pagi
You go to at work at 07.00 am kamu pergi bekerja jam 07 pagi
They have dinner at 06.00 a.m mereka makan malam jam 06 pagi
He does the dishes every day saya mencuci piring setiap hari
She goes to work at 07.00 am dia pergi bekerja jam 07 pagi
It has dinner at 06.00 amini memiliki makan malam pada pukul 06 pagi
 
 
The verbs do, go, and have are irregular
for he, she, it, and singular subjects.
She goes home at six-thirty. Dia pulang pada pukul enam tiga puluh.
He has a meeting at two-thirty. Dia ada rapat jam dua tiga puluh
John does the laundry on Sunday night. John mencuci pakaian pada Minggu malam.
 
8 Complete the paragraphs with the correct form of the verbs in parentheses. Lengkapi paragraf dengan bentuk kata kerja yang benar dalam tanda kurung.
 
Manuel and Lila Vega
Manuel and Lila Vega have  a busy lifestyle. Manuel is a doctor at a hospital. He works at night, so he goes to work at 7:00 p.m. and comes home at 7:00 a.m. His wife Lila works at a bank. She goes to work at 8:00 a.m. and comes home at 6:00 p.m. They don’t see each other a lot during the week. Manuel and Lila also have two children, Luis and Carla. Every morning they all have breakfast together at 7:30. Then, Luis and Carla goes to school, and Lila goes to work. Manuel does the dishes, and then goes to bed. Carla usually does her homework at a friend’s house in the afternoon, and Luis has soccer practice. Manuel gets up at 4:00 p.m. At 6:00 p.m.,he has dinner with Lila, Luis, and Carla. After dinner, he goes to work. Manuel and Lila have a busy schedule during the week, but on weekends they relax.
 
Manuel dan Lila Vega memiliki gaya hidup yang sibuk. Manuel adalah seorang dokter di rumah sakit. jadi dia pergi bekerja pada jam 7 malam dan pulang jam 07.00 pagi. Istrinya Lila bekerja di bank. Dia pergi bekerja pada jam 8 pagi dan pulang pada jam 6 sore. Mereka tidak sering bertemu selama seminggu. Manuel dan Lila juga memiliki dua anak, luis dan Carla. Setiap pagi mereka semua sarapan bersama pada jam 7:30. Kemudian, Luis dan Carla pergi ke sekolah dan lila pergi bekerja. Manuel mencuci piring dan kemudian pergi tidur. Carla biasanya mengerjakan PR di rumah temannya pada sore hari. dan Luis memiliki latihan sepak bola. Manuel bangun jam 4:00 sore. Pukul 18:00, dia makan malam dengan Lila, Luis, dan Carla. Setelah makan malam, dia pergi bekerja. Manuel dan Lila memiliki jadwal yang sibuk selama seminggu, tetapi pada akhir pekan mereka bersantai.
 

Simple Present Tense part 1

 1.    Read The Article about doctor Bugs, Notice the words in bold

Baca artikel tentang bug dokter, Perhatikan kata-kata yang dicetak tebal

 

Doctor Bugs

 


Most people don’t like bugs, but doctor, but doctor Mark Moffet Loves them, In Fact, his nickname is Doctor Bugs. He’s a photographer and entomologist. An entomologist studies bugs.

Kebanyakan orang tidak menyukai serangga, tetapi dokter Mark menyukainya! Bahkan, julukannya adalah Doctor bugs, Dia adalah seorang fotografer dan ahli entomologi. Dan ahli entomologi mempelajari serangga.

Doctor moffet’s favorite bug is the ant. He Goes All over the world to study ants.

Serangga favorit dokter moffet adalah semut. Dia pergi ke seluruh dunia untuk mempelajari semut.

He Watches them as they eat, work, rest, sleep and Fight

Dia mengawasi mereka saat mereka makan, bekerja, istirahat, tidur dan               berjuang.

He takes photograps of the ants, he lies on the ground with his camera and waits for the right moment. The Ants and other bugs often bite him, but that doesn't stop doctor bugs, He has an interesting and unusual job, and he loves it

Dia mengambil foto semut, dia berbaring di tanah dengan kameranya dan menunggu saat yang tepat. Semut dan serangga lainnya sering menggigitnya, tetapi itu tidak menghentikan kutu dokter, Dia memiliki pekerjaan yang menarik dan tidak biasa, dan dia menyukainya 

 

2.         CHECK. Read the list of verbs in the chart. Who does each action? Check (✓) the correct

column.

MEMERIKSA. Baca daftar kata kerja dalam bagan. Siapa yang melakukan setiap tindakan? Centang (✓) yang benar

kolom.

 

Verbs

Doctor moffets

Ants

Studies

 

Fight

 

waits

 

Bite

 

 

3.         DISCOVER. Complete the exercises to learn about the grammar in this lesson.

MENEMUKAN. Selesaikan latihan untuk mempelajari tata bahasa dalam pelajaran ini.

 

a.    Look at the list of verbs in exercise 2. Then find other verbs in the article from exercise 1.

Lihatlah daftar kata kerja dalam latihan 2. Kemudian temukan kata kerja lain di artikel dari latihan 1.

 

Doctor moffet

Ants

Studies,goes,Wathces,takes,waits, lies,has,loves

Eat,work,sleep,fight,bite,

 

b.     Look at the char s from exercise 2 and exercise A. Choos the correct answer complete

each statement. Then discuss your answers with your classmates a teacher

Lihatlah karakter dari latihan 2 dan latihan A. Pilih jawaban yang benar lengkap

setiap pernyataan. Kemudian diskusikan jawaban Anda dengan teman sekelas Anda seorang guru

1.       The verbs under Doctor Moffett end in -s / do not end in -s.( Kata kerja di bawah Doctor Moffett berakhiran -s / tidak berakhiran -s.)(loves)

2.      The verbs under Ants end in -s / do not end in -s.( Kata kerja di bawah Semut berakhiran -s / tidak berakhiran -s.) goes


LEARN

( mempelajari)

 

3.1 Simple Present: Affirmative Statements ( Pernyataan affirmative )

1.       Use the simple present to talk about habits or routines, schedules, and facts. ( Gunakan simple present tense untuk berbicara tentang kebiasaan atau rutinitas, jadwal, fakta .

Habit or Routine: I exercise every day ( saya berolahraga setiap hari )

Schedule: She starts work at eight. ( dia mulai bekerja pada pukul delapan )

Fact: It rains a lot in April.( hujan deras di bulan April )

 

2.     Add -s to the verb for he, she, it, and singular subjects. ( tambahkan –s ke kata kerja untuk he, she, it dan subject tunggal.

He drives to work. ( dia mengemudi untuk bekerja)

She works in an office. ( dia bekerja disebuah kantor)

The bank opens at 9:00 a.m. (bank bukan pukul 09 pagi)

       3.     Do not put be in front of another verb in the simple present.( Jangan meletakkan be di depan kata kerja lain)

He works at a bank.

He is work at a bank.

 

4 .   Circle the correct form of the verb to complete each sentence.

1. Doctor Moffett love / loves his job. ( loves ) Doctor moffet mencintai pekerjaannya

2. He study / studies ants. Studies ( dia mempelajari semut )

3. A salesperson sell / sells products for a company. Sells ( seorang sales menjual poduk untuk perusahaan)

4. You and Anita work / works on weekends. Work ( anda dan anita bekerja di akhir pekan)

5. Nurses help / helps people. Help (perawat membantu orang)

6. We write / writes science books.write ( kami menulis buku sains)

7. Our office close / closes at 7:00 p.m. closes kantor kita tutup jam 07 malam

8. She take / takes classes at the business school. Takes ( dia mengambil kelas di sekolah bisnis)

9. You walk / walks to work every day. Walk ( anda berjalan ketempat kerja setiap hari)

10. I start / starts work at 8:00 a.m. every morning. Start ( saya mulai bekerja jam 8 pagi setiap pagi)

 

5.   WRITE & SPEAK. List three activities you do often. Share your sentences with a partner.

Then tell the class about your partner.

5.  MENULIS & BERBICARA. Sebutkan tiga kegiatan yang sering Anda lakukan. Bagikan kalimat Anda dengan pasangan. Kemudian ceritakan di kelas tentang pasangan Anda.

1. I leave for work at 07 am from home

2. I take a break from work every 12 p.m

3. I come home from work at 06 p.m

4. I sleep at 11 p.m

5. I’am off work every Saturday and Sunday

 

Student A: I study. I play games. I talk with my friends. Saya belajar, saya bermain game, saya berbicara dengan teman saya

Student B: Maria studies. She plays games. She talks with her friends. Maria belajar, dia bermain game, dia berbicara dengan temannya

 

6 Complete each sentence with the correct form of the verb in parentheses.

Lengkapi setiap kalimat dengan bentuk kata kerja yang benar dalam tanda kurung.

 

1. A zookeeper (feeds) animals. Seorang penjaga kebun binatang memberi makan hewan.

2. Computer programmers (write) software. Pemrogram komputer menulis perangkat lunak.

3. Photographers (take) photos. Fotografer mengambil foto.

4. A chef (cooks) food. Seorang koki memasak makanan

5. A firefighter (fights) fires. Seorang petugas pemadam kebakaran memadamkan api.

6. Musicians (play) instruments. Musisi memainkan instrumen.

7. A farmer (works) on a farm. Seorang petani bekerja di pertanian

8. A dancer (dances). Seorang penari menari.

 

TATALAKSANA PENYERAHAN PEMBERITAHUAN RENCANA KEDATANGAN SARANA PENGANGKUT, MANIFES KEDATANGAN SARANA PENGANGKUT DAN MANIFES KEBERANGKATAN SARANA PENGANGKUT

 PERATURAN MENTER! KEUANGAN REPUBLIK IN DONESIA NOMOR 158/PMK.04/2017 Point - point yang di catat . PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDO...