Minggu, 25 November 2018

BAB II KERANGKA KERJA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

BAB II
KERANGKA KERJA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA


A. Sejarah lahirnya MSDM 

Tonggak sejarah dalam menandai diperlukannya Sumber Daya Manusia adalah timbulnya revolusi Industri di Inggris .

B. Pengrtian Manajamen Sumber Daya Manusia ( MSDM )

Schuler , Dowling , Smart dan Huber ( 1992 : 16 ) mengartikan MSDM dalam rumusan sebagai berikut : Human Resource Management ( HRM ) is the recognition of the importance of an organization’s workforce as vital human resources contributing to the goals of the organization , and the utilization of several function and activities to ensure that there are used effectivitely and fairly for the benefit of the individual , the organization and society .
Dimana pernyataan tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut :
Manajemen Sumber Daya Manusia /MSDM merupakan pengakuan tentang pentingnya tenaga kerja organisasi sebagai sumber daya manusia yang sangat penting dalam memberi kontribusi bagi tujuan – tujuan organisasi , dan penggunaan beberapa fungsi dan kegiatan untuk memastikan bahwa SDM tersebut digunakan secara efektif dan adil bagi kepentingan individu, organisasi dan masyarakat . Menurut Stoner ( 1995:4) MSDM meliputi penggunaan SDM secara produktif dalam mencapai tujuan tujuan organisasi dan pemuasan kebutuhan pekerja secara individual .

C. Fungsi – fungsi MSDM  

lima fungsi MSDM : 
  1. Perencanaan untuk kebutuhan SDM 
    1. Perencanaan dan peramalan permintaan tenaga kerja baik dalam jangka pendek maupun panjang 
    2. Analisis jabatan dalam organisasi untuk menentukan tugas ,tujuan , keahlian, pengetahuan ,dan kemampuan yang dibutuhkan.
  2. Staffing sesuai dengan kebutuhan organisasi 
    1. Penarikan ( rekruitment ) calon atau pelamar pekerjaan 
    2. Pemilihan ( seleksi ) para calon atau pelamar yang dinilai paling memenuhi syarat
  3. Penilaian Kinerja 
    1. Penilaian dan pengevaluasi perilaku pekerja 
    2. Analisi dan pemberian motivasi perilaku pekerja .
  4. Perbaikan kualitas pekerja dan lingkungan kerja 
    1. Menentukan merancang dan mengimplementasikan program pelatihan dan pengembangan SDM guna meningkatkan kemampuan dan kinerja karyawan .
    2. Memperbaiki kualitas lingkungan kerja ,khususnya melalui kualitas kehidpuan kerja dan program program perbaikan produktifitas 
    3. Memperbaiki kondisi fisik kerja guna memaksimalkan kesehatab dan keselamatan pekerja 
  5. Pencapaian efektifitas hubungan kerja 
    1. Mengakui dan menaruh rasa hormat ( resepct ) terhadap hak hak pekerja
    2. Melakukan tawar - menawar dan menetapkan prosedur bagaimana keluhan pekerja di sampaikan 
    3. Melakukan penelitian tentang kegiatan MSDM .

D. Tujuan MSDM 

Menurut Cushway , tujuan MSDM meliputi :
1. Memberi pertimbangan manajemen dalam membuat kebijakan SDM untuk memastikan bahwa organisasi memiliki pekerja yang bermotovasi dan berkinerja tinggi , memiliki pekerja yang selalu siap mengatasi perubahan dan memenuhi kewajiban pemekerjaan secara legal
2. Mengimplementasikan dan menjaga semua kebijakan dan prosedur SDM yang memungkinkan organisasi mampu mencapai tujuan nya .
3. Membantu dalam pengembangan arah keseluruhan organisasi dan strategi , khusunya yang berkaitan dengan implikasi SDM
4. Memberi dukungan dan kondisi yang akan membantu menejer lini mencapai tujuan nya .
5. Menangani berbagai krisis dan situasi sulit dalam hubungan antar pekerja untuk mayakinkan bahwa mereka tidak menghambat organisasi dalam mencapai tujuan nya
6. Menyediakan media komunikasi antara pekerja dan manajemen organisasi .
7. Bertindak sebagai pemelihara standar organisasional dan nilai dalam manajemen SDM
Sedangkan menurut schuler et al setidaknya MSDM memiliki tiga tujuan utama yaitu :
1. Memperbaiki tingkat produktifitas
2. Memperbaiki kualitas kehidupan kerja
3. Meyakinkan bahwa organisasi telah memenuhi aspek –aspek legal

E. Kegiatan dan Kebijakan MSDM 

Guest menyatakan adalanya empat kebijakan utama
a. Employe Influence
b. Human Resource flow
c. Reward System
d. Work System
Empat kebijakan tersebut dapat dipahami sebagai strategi dalam mempengaruhi pekerja guna mengarahkannya pada tujuan organisasi . Kebijakan lainya berkaitan dengan system penghargaan yang merupakan bagian utama organisasi memberi motivasi guna memaksimalkan kerja dan proses pemekerjaan . Sementara itu , dengan menunjuk pada pendapat ahli – ahli lainya , guest menyatakan bahwa MSDM terdiri dari empat proses generic sbb :
1. Selection
2. Appraisal
3. Rewards
4. Development

F. Basis Teori MSDM

RANGKUMAN

  • Secara Konseptual , MSDM berbeda dengan Manajemen Personalia
  • MSDM dibutuhkan untukmerencanakan , mengelola , dan mengendalikan SDM 
  • Terdapat paling tidak lima fungsi utama MSDM , yaitu : perencanaan SDM , staffing ,penilaian kerja , perbaikan kualitas kerja dan lingkungan kerja , dan pencapaian efektifitas hubungan kerja 
  • Tujuan MSDM bervariasi menurut konteks organisasi 
  • Tempat kebijakan utama dalam MSDM meliputi employee influence , human resource flow , rewards system ,dan work system
  • Kegiatan MSDM meliputi empat proses generik yaitu selection , appraisal ,rewards and development 
  • Tidak ada teori dalam MSDM ,namun demikian di belakangnya berdiri sejumlah teori dari berbagai disiplinilmu . MSDM bersifat multidisipliner .


PERTANYAAN UNTUK DISKUSI

  1. Mengapa MSDM berbeda dengan Manajemen Personalia ?
  2. Jelaskan fungsi - fungsi MSDM beserta contoh konkritnya ?
  3. Dari berbagai fungsi MSDM tersebut , fungsi manakah yang paling kritis ? Mengapa Demikian ?
  4. Tujuan MSDM bersifat situasional , artinya tergantung pada konteks organisasi tertentu , menagapa demikian ?
  5. Jelaskan 4 kebijakan utama dan empat kegiatan generik MSDM ?
  6. Jelaskan maksud istilah generik dalam kegiatan MSDM ?
  7. Jelaskan mengapa MSDM Multidisipliner ?
  8. Dari berbagai ilmu yang mendukung MSDM , disiplin ilmu apakah yang paling dominan mempengaruhi perkembangan MSDM (misalnya manajemen ,psikologi ,sosiologi ,ekonomi , politik , dsb ) mengapa demikian ? jelaskan .
Jawab : 
1. Manajemen Personalia memfokuskan perhatian pada "input "  dan "kegiatan/program" sedangkan Manajemen Sumber Daya manusia memfokuskan perhatianya pada "output"yaitu "sumber daya " atau kekuatan yang dihasilkan oleh manusia /karyawan/pekerja .Fokus perhatian Manajemen Personalia adalah personal atau orang -orang yang bekerja dalam suatu organisasi . Sedangkan Manajemen Sumber daya Manusia adalah merencanakan ,meningkatkan kualitas ,memelihara , dan mendayagunakan kekuatan yang berasal dari orang orang tersebut .


2. Fungsi – Fungsi Sumber Daya Manusia
1.    Perencanaan
a. Mendefinisikan Filosofi perusahaan
b.Mengkaji kondisi lingkungan
c. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan
d.Menentukan tujuan dan sasaran
e.Menyusun Strategi
2.    Rekrutmen
a. Internal ( dari dalam perusahaan system promosi )
b.External ( hubungan dengan Universitas , eksekutif mencari perusahaan , Agen tenaga kerja , Rekrutmen dengan advertensi )
3.    Penilaian Kinerja
Di dalam perusahaan akan standar penilaian kinerja berisi evaluasi kinerja dan Kompetensi kerja ,
Evaluasi kerja adalah KPI ( Key Performance Indicator ) yang berisi target yang di tentukan VS Pencapaian . Untuk Kompetensi kerja berisi Subyektifitas dari atasan yang nilainya berdasarkan Pedoman penilaian yang sudah di tentukan perusahaan .
4.    Perbaikan kualitas dan lingkungan kerja
a. Meningkatkan pemberian gizi dan kualitas kesehatan
b.Memperbanyak seminar dan workshop yang berkaitan dengan pekerjaan
5.    Pencapaian Efektifitas hubungan kerja
3 kegiatan utama :
a.  Mengakui dan menaruh rasa hormat ( respek ) terhadap hak hak pekerja
b.Melakukan tawar menawar ( bargaining ) dan menetapkan prosedur bagaimana keluhan pekerja di sampaikan
c. Melakuak penelitian tentang kegiatan kegiatan MSDM


3. Fungsi MSDM Paling Kritis
Menurut saya pribadi fungsi MSDM paling kritis adalah perencanaan , karena di dalam perencanaan MSDM sudah mencangkup sasaran startegis dan strategi yang akan dilakukan .
 
4. Tujuan MSDM bersifat kritis situasional karena sangat sulit di rumuskan karena sifatnya bervariasi dan bergantung pada pentahapan perkembangan yang terjadi pada masing - masing organisasi .


5. 4Kebijakan utama menurut Guest :
  1. Employee influence ( pengaruh Karyawan )
  2. Human Resource flow ( alur sumber daya manusia )
  3. Reward Sistem ( Sistem Hadiah )
  4. Work System ( Sistem kerja )
    4Kegiatan MSDM menurut Guest : 
  1. Selection ( seleksi )
  2. Appraisal ( Penilaian )
  3. Rewards ( Penghargaan )
  4. Development ( Pengembangan )
 6.Sebagai suatu kegiatan generik , seleksi tidak akan di ikuti dengan kegiatan lainya misalnya : berupa penempatan pada pekerjaan ( Job Placement ) yang segera disertai dengan kegiatan generik lainya yaitu penilaian kinerja ( performance appraisal ).

7 & 8. Sebab MSDM adalah mengatur manusia

Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi,ekonomi, manajemen, dll, SEHINGGA BERSIFAT MULTIDISIPLINER

  

Sabtu, 17 November 2018

BAB I . SEJARAH DAN TEORI MANAJEMEN


Dalam bab ini di sajikan beberapa materi sebagai berikut :
A. Sejarah perkembangan Manajemen
B. Evolusi Teori Manajemen
C.Teori Manajemen Klasik
D. Pendekatan Hubungan Manusiawi

A. Sejarah Perkembangan Manajemen
Manajemen telah berlangsung sejak manusia itu berada di bumi ini .

B. Evolusi  Teori Manajemen
Beberapa variable yang diperhatikan dalam manajemen ilmiah adalah sebagai berikut:
  1. Pentingnya peranan manajer dalam menggerakan dan meningkatkan produktifitas perusahaan
  2. Pengangkatan dan pemanfaatan tenaga kerja dengan persyaratan - persyaratannya
  3. Tanggung jawab kesejahtersaan pegawai / karyawan
  4. kondisi yang cukup untuk meningkatkan produktifitas kerja 
Peran Manager / pimpinan dalam menentukan pilihan kebijaksanaan perusahaan adalah sangat penting . Manager di anggap sebagai reformis  dalam memperbaharui persyaratan persyaratan kerja , kondisi kerja , hari standart kerja , dan tanggng jawab terhadap kesejahteraan karyawan .Dalam hal perbaikan kesejahteraan karyawan , antara lain di perhatikan pada metode pemikiran upah ( gaji ) pada karyawan .Metode yang digunakan dalam pemberian upah harus di kaitkan dengan produktifitas kerja , pendekatan ini disebut sebagai metode pemberian intensive .

Empat Prinsip Manajemen menurut Taylor


1. Kembangkanlah sebuah ilmu bagi setiap unsur pekerjaan seseorang, yang akan menggantikan metode kaidah yang lama
2. Secara Ilmiah pilihlah kemudian latihlah ,ajarilah , atau kembangkanlah pekerja tersebut .( sebelumnya , para pekerja memilih sendiri pekerjaan mereka dan melatih diri mereka sendiri semampu mereka )
3.Bekerjasamalah secara sungguh sungguh dengan para pekerja untuk menjamin bahwa semua pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan prinsip prinsip ilmu yang di kembangkan tadi 
4.Bagilah pekerjaan dan tanggung jawab secara hampir merata antara pimpinan dengan para pekerja

Herrington Emerson (1853 - 1931 )
Herington Emerson melihat bahwa penyakit yang mengganggu sistem manajemen di dalam industri adalah adanya sistem pemborosan dan in efisiensi . Oleh karena itu dia mencetuskan ide ide yang terformulasikan dalam 12 prinsip sebagai berikut :

a. Perumusan tujuan dengan jelas
b. Kegiatan yang dilaksanakan masuk akal
c. Tersedianya staff yang cakap
d. Terciptanya disiplin kerja
e. Pemberian balas jasa yang adil
f. Laporan terpercaya , cepat , tepat , dan kontinyu
g. Pemberian instruksi - perencanaan dari urutan urutan kerja
h. Adanya standar - standar dan skedul , metode , waktu setiap kegiatan
i. Kondisi yang standar
j. Operasi yang standar
k.Instruksi instruksi praktis tertulis standart
l. Balas jasa efisien - rencana insentif


Sumbangan dan Keterbatasan Manajemen Ilmiah
Peningkatan produktifitas telah sangat di dukung dengan sistem pembagian kerja sesuai bagian bagian dari suatu proses pekerjaan , adanya sepsialisasi spesialisasi tertentu sementara teknik teknik efisiensi manajemen ilmiah seperti yang ditunjukan dalam studi gerak dan waktu yang telah membuktikan bahwa kegiatan yang di laksanakan dapat lebih efisien .Pada umumnya manajemne ilmiah memiliki keterbatasan -keterbatasan terutama dalam aplikasinya . Sebagai contoh dapat dikemukakan bahwa konsep produktifitas dengan dukungan penerimaan teknologi justru banyak mengurangkan skala penggnaan tenaga kerja . Kelemahan lain adalah tenaga kerja sebagai salah satu faktor produksi tidak atau kurang mendapatkan perhatian atas kebutuhan sosialnya, personalitynya , yang justru hal ini sangat dibutuhkan .Arti kepuasan tenaga kerja kurang di perhatikan secara utuh. Upah yang tinggi saja tanpa memperhatikan kondisi kerja yang cukup memuaskan dangan makin berjalannya waktu , tujuan produktifitasdalam manajemen ilmiah tidaklah mendapatkan tempat sebagaimana mestinya .

C.Teori manajemen klasik

1. Henry Fayol ( 1841 - 1925 )
 Adalah seorang industriawan Perancis yang kemudia terkenal sebagai bapak manajemen operasional mengembangkan menejemen sebgaiamana dikemukakannya . Fayol berpendapat bahwa dalam perusahaan industri kegiatan kegiatan yang dilaksanakan manajmen dapat dibagi kedalam beberapa kelompok tugas yaitu :
  • Technical Merupakan kegiatan memproduksi dan membuat produk . Kegiatannya meliputi merencanakan dan mengorganisir produk 
  • Commersial Meliputi kegiatan pembelian bahan bahan yang dibutuhkan dan menjual barang ( hasil produksi )
  • Finansial Kegiatan pembelanjaan , yakni meliputi kegiatan mencari modal dan bagaimana menggunakan modal tersebut .
  • Security Yaitu kegiatan yang di lakukan untuk menjaga keamanan ( keselamatan kerja dan harta benda yang dimiliki perusahaan ) 
  • Akutansi Meliputi kegiatan yang terdiri dari mencatat, menghitung , mengkalkulasikan biaya yang dilaksanakan , menghitung dan menentukan keuntungan yang di peroleh , mengetahui hutang hutang yang menjadi kewajiban perusahaan menyajikan neraca , laporan rugi laba , dan mengumpulkan data data dalam bentuk statistik
  • Tugas Manajerial Melaksanakan fungsi fungsi yang ada dalam manajemn
2.James D Mooney
Menurut James D mooney , kaidah kaidah yang diperlukan untuk menetapkan organisasi manajemen adalah sebagai berikut: 
  1. Koordinasi  Merupakan kaidah yang menghendaki adanya wewenang , saling melayani, perumusan tujuan dan kedisiplinan yang tinggi 
  2. Prinsip Skalar yaitu suatu prinsip yang mendefinisikan tentang hubungan kepemimpinan , pendelegasian dan antar fungsi fungsi tertentu yang dibutuhkan 
  3. Prinsip Fungsional  , merupakan suatu prinsip yang mendefinisikan berbagai macam tugas yang harus diseselesiakan serta dalam usaha mencapai tujuan bersama 
  4. Prinsip staf merupakan prinsip yang membedakan sebagai manajer staf danlini lainnya
D. Pendekatan hubungan manusiawi

SUMBANGAN DAN KETERBATASAN PENDEKATAN HUBUNGAN MANUSIAWI
Manajemen modern pada dasarnya dibangun atas 2 konsep utama yaitu : teori tentang perilaku organisasi ( organizatiod behaviour) dan  manajemen kuantitatif ( management science )

1. Teori Perilaku
Pandangan pandangan umum dalam teori perilaku yaitu : 1) perilaku individu per individu 2) perilaku antar kelompok - kelompok sosial dan 3) perilaku antar kelompoksosial

Adapun pokok-pokok pikiran yang dikemukakan oleh para penganut  perilaku tersebut dapat di rangkum sebagai berikut :
  1. Organisasi sebagai suatu keseluruhan dan pendekatan manajer individual untuk pengawasan harus sesuai dengan situasi .
  2. Pendekatan motivasional yang menghasilkan komitmen pekerja terhadap tujuan organisasi sangat dibutuhkan .
  3. Manajemen harus sistematik , dan pendekatan yang digunakan harus dengan pertimbangan yang hati hati 
  4. Manajemen tejhbik dapat dipandang dalam suatu proses tekhniksecara ketat (peranan prosedur dan prinsip.
Selain empat pokok pikiran di atas  , berdasarkan hasil riset perilaku dapat dikemukakan sebagai berikut : 
  • Manajer masa kini harus diberikan latihan dalam pemahaman prinsip-prinsip dan konsep - konsep manajemen 
  • Organisasi harus menjalankan iklim yang mendatangkan kesempatan bagi karyawan untuk memuaskan seluruh kebutuhan mereka 
  • Unsur manusia adalah faktor kunci penentu sukses atau kegagalan pencapaian tujuan organisasi 
  • Komitmen dapat dikembangkan melalui partisipasidan keterlibatan para karyawan 
  • Pola - pola pengawasan dan manajemen positif yang menyeluruh mengenai karyawan dan reaksi mereka terhadap pekerjaan 
  • Pekerjaan setiapkaryawan harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan mereka mencapai kepuasan diri dari pekerjaan tersebut  
2. Teori Quantitaif 
Dalam setiap pemecahan masalah harus terlebih dahulu diketahui masalahnya dengan melakukan kegiatan kegiatan riset ilmiah , riset operasional , teknik teknik ilmiah seperti kegiatan penganggaran modal , manajemen aliran kas , pengembangan strategi produk , perencanaan program,pengembangan sumber daya manusia, dsb .dengan prosedur dan langkah langkah sebagai berikut :
  • Merumuskan masalah
  • menyusun model matematik
  • mendapatkan penyelesaian dari model
  •  menganalisis model dan hasilyang diperoleh dari model
  • menetapkan pengawasan atas hasil hasil
  • mengadakan implementasi kegiatan

Pertanyaan Diskusi

1.Apakah Manajemen Ilmiah itu ? bagaimana Releveansi nya , kalau ada terhadap praktek manajemen sekarang ?
2.Pelajaran apakah yang dapat di ambil dari pendekatan klasik dalam manajemen , catatlah point point penting terlebih dahulu dan kembangkanlah
3.Bagaimanakah pendekatan sumber daya manusia mempengaruhi pemikiran manajemn ?
4. Bagaimanakah pemikiran tentang manajemen sekarang ini ?
5.Jelaskan mengapa lingkungan luar sangat penting bagi pendekatan system terbuka tentang organisasi
Jawab :

1.manajemen Ilmiah adalah kepemimpinan atau pengelolaan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan dengan menggunakan cara kerja yang berdasarkan prinsip – prinsip atau pedoman – pedoman keilmuan.
Ciri – ciri manajemen ilmiah / modern sbb :
·         Menggunakan cara kerja keilmuan dan prinsip – prinsip keilmuan sebagai hasil percobaan dan penyelidikan yang ilmiah pula
·         Terdapat nasionalisasi yaitu bekerja berdasarkan perhitungan – perhitungan atau pemikiran yang cermat dan teliti , jadi meninggalkan cara kerja trial and error
·         Terdapat standarisasi yaitu bekerja berdasarkan ukuran – ukuran ( standar – standar ) tertentu , baik dalam cara kerja , waktu yang digunakan , maupun hasil produksi yang diharapkan
·         Terjadi peningkatan produktivitas sebagai hasil kerja yang efekti dan efisien
·         Cara kerja dan hasil kerjanya dapat mengikuti dan memenuhi tuntutan kebutuhan jaman yang makin meningkat

Praktek manajemen Ilmiah di Perusahaan – perusahaan pendapat saya adalah khususnya di bidang Manufacturing & Logistik adalah sebagai berikut :
a)      Membuat alur proses kerja dari Order Pemesanan Customer - > Perencanaan Produksi - > Penyiapan Bahan Baku - > Produksi - > Penyimpanan Produk - > Perencanaan pengiriman -> Eksekusi Pengiriman - > dan Monitoring Pengiriman , semua sudah tertera dalam SOP ( Standart Operating Procedure ) , sehingga semua proses di kerjakan sesuai SOP yang sudah di tetapkan.
b)      Membuat KPI ( Key Perforamnce Indicator ) masing unit unit kerja berdasarkan perhitungan ilmiah agar dapat mengkontrol produktifitas tidak meleset terlalu jauh dari Target .
c)       Adanya perhatian terhadap kesejahteraan karyawan berdampak langsung terhadap produktifitas dan motivasi kerja karyawan .

2. Teori manajemen Klasik adalah teori yang pertama kali muncul di dunia , berasumsi bahwa para pekerja atau manusia memiliki sifat rasional , berpikir logis , dan kerja merupakan sesuatu yang diharapkan . Manajemen klasik lahir dari revolusi industry di Inggris pada abad ke 18 .
Beberapa kelebihan dari manajemen klasik .
·         Mampu meningkatkan efisiensi dan produktifitas kerja
·         Mampu memberikan rancangan kerja dan mendorong Manajer untuk mencari alternative dalam melaksanakan suatu pekerjaan
·         Menyediakan banyak tehnik dan pendekatan terhadap manajemen yang masih relevan saat ini
Kelemahan
·         Tidak memperhitungkan berbagai dimensi dalam manajemen seperti motivasi , pengambilan keputusan dan hubungan informal.

3. Pendekatan sumber daya manusia mempengaruhi pemikiran manajemen . Sekarang  ini sumber daya manusia memegang peranan penting di perusahaan . Saat ini namanya lebih sering dikenal sebagai HCM ( Human Capital Management ) dan posisinya langsung dibawah direktur utama
Sumber daya manusia dalam perusahaan menjadi keunggulan kompetitif tersendiri agar dapat bersaing dengan competitor . Manusia merupakan factor input dan proses dalam siklus produksi perusahaan . Oleh karena itu perencanaan SDM sangat strategis . Jumlah orang yang akan dipekerjakan , cara rekrutment , jenis training dan development sangat perlu diperhatikan untuk mencapai visi dan misi perusahaan . Tentu saja hal ini akan mempengaruhi pemikiran manajemen untuk dapat berjalan efektif dan efisien serta menjadi keunggulan sendiri .

4.Manajemen sekarang ini makin berkembang pesat , banyak standart internasional yang telah di buat . Seperti generasi Industri 3.0 yang memanfaatkan system Komputerisasi , dan sekarang menjelang generasi Industri 4.0 dimana perkembangan Tekhnologi berkembang sangat cepat dan sangat membantu system Manajemen di Perusahaan – Perusahaan baik Swasta maupun Perusahaan milik Negara .

5. Organisasi Sistem Terbuka
Organisasi sistem terbuka adalah organisasi yang ebrinteraksi dengan lingkungan , dengan kata lain organisasi yang menerima sesuatu dari suatu system dan melepaskannya kepada system yang lain .
System terbuka adalah system yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya .karena organisasi membutuhkan lingkungan maka bisa dikatakan organisasi tersebut merupakan system yang terbuka . Organisasi di lingkupi oleh lingkungan dimana organisasi mengambil sumber daya yang berupa bahan mentah , uang dan capital , serta SDM . Organisasi di pandang sebagai hal yang dinamis dan senantiasa berubah .



Pengantar Manajemen

Materi Kuliah

Selasa, 05 Juni 2018

PRESENT TENSE

Dalam Bahasa Inggris kata kerja akan berubah sesuai dengan waktu . Perubahan bentuk kata kerja karena pengaruh waktu ( Lampau , Sekarang , dan mendatang ) disebut dengan Tenses

Seluruh tenses yang ada dalam bahasa inggris yaitu ada 16 tenses yang terbagi dalam kelompok sesuai dengan waktunya , yaitu :

Present          : ( sekarang / saat ini )
Past               : ( Lampau )
Future           : ( mendatang )
Past Future    : mendatang di saat lampau )

Masing - masing dari waktu tersebut masih terbagi lagi menjadi 4 bentuk , yaitu :

Present          : ( sederhana )
Past               : ( sedang berlangsung )
Future           : ( sempurna )
Past Future    : ( sedang terjadi yang diutarakan dalam kalimat yang kompleks )

sehingga total yang diperoleh adalah 16 tenses sesuai dengan waktu dan bentuknya , seperti yang dijelaskan dalam matriks berikut ini :


Present  Simple S+V,(S/ES) TENSES
Continous S + To Be + V1 ( ing)
Perfet S+ has/have + V3
Perfect Continous S + has/have + been + V1 ( ing)
Past Simple S + V2 TENSES
Continous S + Was / were + V1( ing)
Perfet S+ had + V3
Perfect Continous S + Had + been + V1 ( ing)
Future Simple S + Will/shall+V1 TENSES
Continous S + Will/shall + be + V1( ing)
Perfet S + Will + Have + V3
Perfect Continous S + Will + Have + been + V ( ing)
Past Future Simple S + Would +V1  TENSES
Continous S + Would + be + V1( ing)
Perfet S + would + Have + V3
Perfect Continous  S + Would + Have + been + V1
( ing)



1. Simple Present Tense 
Simple present tense digunakan untuk menyatakan rutinitas dan general truth ( suatu kebenaran yang sifatnya umum ).

RUMUS:

Kalimat positif        S + V1 ( S/ES)
Kalimat negatif       S + do/does not + V1
Kalimat introgatif   Do/Does + S + V1

Catatan : Do Digunakan untuk subject 1 , you , they, we dan Subject Jamak
               Does digunakan untuk subject She , He , It , atau subject tunggal
Contoh :
=) he goes to school every day
=) He does not go to school every day
=) Does he go to school every day ?

=) I work in the post office
=) I do not work in the post office
=) Do i work in the post office

=) The Sun rises in the east
=) The Sun Does Not rise in the east
=) Does The Sun rise in the east

Kata Keterangan waktu yang sering di gunakan dalam simple present tense adalah :
Always
Often/frequently
usually
sometimes
Seldom
Never
Every

2. Present Continuous Tense
Tense Jenis ini digunakan untuk menyatakan kegiatan yangs sedang berlangsung sekarang.

Rumus :
Kalimat Positif -> S+ is/am/are/V1+ ing
Kalimat Negatif -> S + is/am/are + not +V1(ing)
Kalimat Introgatif -> is/am/are + S + V1 (ing)

Contoh Kalimat :
(+) She is Reading book in her room
(-) She is Not reading book in her room
(?) Is She Reading book in her room ?

Kata keterangan yang sering digunakan dalam present continuous tense antara lain :
Now
At The moment
At present
This time

3.Present perfect Tense
Present Perfect Tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang telah selesai dikerjakan untuk waktu sekarang
Rumus :

Kalimat Positif : s + have/has /+ V3
kalimat Negatif : s + Have / Has + Not + V3
Kalimat Introgatif : Have / Has + S + been + V1 ( ing)

Contoh kalimat :

(+) I have seen that movie ( saya sudah pernah menonton film itu sebelumnya
(-) I Have not seen that movie before ( saya belum pernah menonton film itu sebelumnya )
(?) Have i seen that movie before ?( apakah saya pernah menonon film itu sebelumnya ?

(+) Cathy has eaten her breakfast .( Cathy sudah makan sarapan nya )
(-) Cathy has not eaten her breakfast ( Cathy belum makan sarapannya )
(?) Has Cathy eaten her breakfast ? ( Apakah cathy sudah makan sarapan nya )

4.Present Continuous Tense
Present Continuous Tense digunakan untuk menyatakan perbuatan yang dilakukan dimasa lampau dan masih berlangsung hingga saat ini .

Rumus :
Kalimat Positif : S + Have/Has + been + V1( ing)
S + Have/Has + not + been + V1(ing)
Kalimat introgatif :Have/Has + s + been + V1 + (ing)

Kata Keterangan yang biasa digunakan dalam present perfect continous tense antara lain :
Since
For

Contoh Kalimat :
(+) She has been studying English since 2 years ago
(-) She has not been studying english since 2 years ago
(?) Has she been studying english since 2 years ago ?

They have been wacting tv for 5 hours
They have not been watching tv wor 5 hours
Have they been watching tv for 5 hours ?








Selasa, 29 Mei 2018

Arti Have dan Has dalam Bahasa Inggris

Beberapa Arti Have dan Has dalam Bahasa Inggris

Have atau Has memiliki 3 arti yang berbeda jika dipasangkan dengan kata lainya . Ada has / have yang berarti memiliki , ada pula  yang berarti telah , ada juga yang berarti harus .
Have di gunakan untuk subject yang plural seperti we , they , you , I , the people , the pigeons dan lain lain .sedangkan has di gunakan untuk subject orang ketiga tunggal , atau kata benda tunggal sepertin she , he , it , andi , my father , dan lain lain   

1. Have atau has yang berarti memiliki 

Have / has yang berarti memiliki di tandai dengan adanya ( frasa ) kata benda di depan has / have , misalnya :

  • i have a pencil ( saya memiliki sebuah pensil ; pensil adalah kata benda ) 
  • She has a ticket for the concert tonight ( dia memiliki sebuah tiket untuk konser nanti malam , tiket adalah kata benda ) 
  • Andi and Budi have a great teacher ( Andi dan Budi memiliki seorang guru yang bagus )
  • Sinta has a beautifull flower ( Sinta memiliki setangkai bunga yang cantik )
  • They have a meeting this afternoon ( mereka mempunyai agenda petemuan sore ini )
  • i don't have a lot of book ( saya tidak memiliki banyak buku ) 
  • She does not have a computer ( dia tidak memiliki sebuah komputer ) 

2. Has / Have yang berarti telah 

Has atau have yang berarti telah digunakan dalam tenses perfect , dimana tenses ini digunakan untuk menjelaskan aktivitas yang telah berakhir , namun masih memiliki keterkaitan dengan saat ini .
Ciri - cirinya adalah has / have selalu diikuti dengan kata kerja bentuk ketiga .



  • She has eaten sate three times ( dia telah makan sate sebanyak tiga kali , eaten adalah kata kerja bentuk ketiga dari eat ) 
  • They have lived in bali since 1987 ( mereka telah tinggal di bali sejak 1987 , lived adalah bentuk ketiga dari live ) 
  • The teacher has taught English up to present times ( Pak guru telah mengajar bahasa inggris hingga saat ini )
  • i have finished my homework ( saya telah menyelesaikan PR saya ) 
  • My Father and my mother have worked as a doctor since 1986 ( ayah saya dan ibu saya telah bekerja sebagai dokter sejak tahun 1986 ) 
  • Sinta has no studied Math since yesterday ( sinta tidak belajar matematika sejak kemarin 
3. Has/ Have yang berarti harus 

Has / Have to memiliki arti harus ketika di gabung dengan to diikuti kata kerja dasar , yaitu has to / have + v . Sebenernya secara linguistic penjelasanya bukan seperti itu , namun untuk mempermudah kita belajar bahasa inggris maka jika ada has / have bertemu to memiliki arti harus .
  • I Have to finish my homework now ( saya harus menyelesaikan PR saya sekarang ) 
  • You have to wash the car before playing a game ( kamu harus mencuci mobil sebelum bermain game )
  • We Have to go to school ( Kita harus berangkat sekolah ) 
  • Ani Has to Pay the camera using the internet bangking ( Ani harus membayar kamera menggunakan internet bangking ) 
  • She doesn't have to wear a uniform to school ( dia tidak harus memakai seragam ke sekolah ) 
Catatan penting : 
  1. Has/Have tersebut juga berlaku untuk bentuk kedua dan ketiganya yaitu had , hanya saja artinya berbeda , misalnya 1 had a book ( saya memiliki sebuah buku ; artinya bisa jadi saat mengucapkan ini , sudah tidak memiliki buku ) i had to go to school ( saya harus berangkat ke sekolah telah terjadi , misal kemarin , tetapi di ucapkan saat ini ) 
  2. Bentuk Pasif mengikuti aturan tenses yang bersangkutan , misalnya the book has been read by my teacher ( buku ini telah di baca oleh guru saya ) 
  3. Has to / have to memiliki makna yang sama dengan must yang berarti harus , akan tetapi has to / have to sebuah keharusan yang harus dilakukan segera .

TATALAKSANA PENYERAHAN PEMBERITAHUAN RENCANA KEDATANGAN SARANA PENGANGKUT, MANIFES KEDATANGAN SARANA PENGANGKUT DAN MANIFES KEBERANGKATAN SARANA PENGANGKUT

 PERATURAN MENTER! KEUANGAN REPUBLIK IN DONESIA NOMOR 158/PMK.04/2017 Point - point yang di catat . PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDO...